Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Aplikasi Android Penyedot Pulsa Ditemui, Lekas Hapus!

Periset kembali menciptakan 4 aplikasi Android yang disusupi malware Joker. 4 aplikasi yang dapat menyedot pulsa serta buat tagihan membesar itu untungnya saat ini telah dihapus dari Google Play Store.

Aplikasi- aplikasi itu ditemui oleh periset keamanan di Pradeo. Walaupun dikala ini telah dihapus oleh Google, 4 aplikasi tersebut telah pernah diunduh sampai lebih dari 100. 000 kali. Pengguna yang telah terlanjur mengunduh aplikasi ini disarankan buat lekas menghapusnya.

3 dari 4 aplikasi beresiko itu awal kali timbul di Play Store dalam sebulan terakhir, sebaliknya satu yang lain diterbitkan pada November 2020. Tetapi periset tidak dapat mengenali kapan aplikasi itu diganti buat menyebarkan malware.

Malware Joker sendiri telah semenjak lama mengecam pengguna Android. Malware ini dirancang supaya dapat menjauhi deteksi sistem Play Store serta pengembangnya kerap mengganti strategi supaya tidak gampang ketahuan. Karenanya, Joker terbilang berhasil sebab sudah bersembunyi di ribuan aplikasi yang telah diunduh sampai jutaan kali dalam 3 tahun terakhir.

Joker dikategorikan selaku fleeceware, sebab modus utamanya merupakan memperoleh duit dari korban dengan mendaftarkan mereka ke layanan SMS premium, mengirimkan SMS/ menelepon no premium, sampai melaksanakan pembelian di aplikasi tanpa sepengetahuan pengguna.

2 dari 4 aplikasi apalagi sukses melewati two- factor authentication( 2FA) supaya dapat melaksanakan pembelian in- app. Ini dicoba dengan mencegat kode OTP yang masuk dengan metode mencegat notifikasi, membaca SMS yang masuk, serta mengambil screenshot.

Tidak hanya klik iklan serta pembelian in- app, malware Joker pula dapat menginstal aplikasi lain di fitur korban. Dengan metode ini, penipu dapat menyebarkan malware lain yang lebih beresiko yang dapat mencuri informasi sensitif sampai memata- matai korban, semacam dilansir dari ZDNet, Kamis (7/7/2022).

Umumnya, pengguna baru sadar mereka telah ditipu dikala mereka memandang pulsanya yang jadi lebih kilat habis ataupun tagihan teleponnya membesar, yang dapat memakan waktu sebagian pekan sehabis peradangan malware. Berikut catatan 4 aplikasi terkini yang dihapus dari Google Play Store sebab disusupi malware Joker serta dapat menyedot pulsa:

  • Smart SMS Messages- 50,000+ download
  • Blood Pressure Monitor- 10,000+ download
  • Voice Languages Translator- 10.000+ download
  • Quick Text SMS- 10,000+ download

Aplikasi Android beresiko umumnya dirancang supaya nampak mirip semacam aplikasi asli buat mengelabui calon korbannya. Untungnya Pradeo memberikan sebagian panduan buat mengenali apakah aplikasi yang hendak diunduh beresiko ataupun tidak.

Awal, akun pengembang umumnya cuma mempunyai satu aplikasi di profilnya. Kedua, kebijakan privasinya umumnya pendek, menjajaki template, serta tidak menguak catatan kegiatan yang dapat dicoba aplikasi secara penuh. Ketiga, aplikasi jahat umumnya tidak terpaut dengan nama industri ataupun web tertentu. 

Posting Komentar untuk "4 Aplikasi Android Penyedot Pulsa Ditemui, Lekas Hapus!"