Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Emak-emak Gabut Buat Hoax Rusia di Wikipedia, 10 Tahun Baru Ketahuan


Seseorang pengguna web tanya jawab Zhihu, di Cina, tidak terencana menciptakan hoax berusia 10 tahun lebih. Orang tersebut bernama Yifan, seseorang penulis novel fantasi yang lagi menelusuri Wikipedia buat menciptakan inspirasi. Nyatanya, pembentuk hoaxnya merupakan emak- emak gabut.

Awal mulanya bagi cerita Yifan di Zhihu, ia menciptakan suatu tulisan tentang Kashen Silver Mine yang disebut- sebut mempunyai 40 ribu pekerja. Tambang ini konon ditemui di Rusia. Ia juga langsung tertarik buat mendalami isu itu lebih jauh.

"Sehabis menciptakan data ini, saya mau membagikannya ke beberapa sahabat, kemudian saya menciptakan permasalahan," ucapnya sebagaimana mengutip IFL Science, Jumat( 1/ 7/ 2022).

Sehabis sahabatnya melaksanakan studi, mereka berkomentar kalau tambang perak Kashen ini tidak betul- betul terdapat. Mereka juga mulai menyelidiki pengguna yang membuat taman tersebut, mereka menciptakan kalau tipe bahasa Cina dari sejarah Rusia ini cenderung jauh lebih panjang serta lebih rinci daripada yang terdapat di Bahasa Rusia.

"Terdapat kepribadian yang tidak terdapat di Wiki Inggris- Rusia di Wiki Cina, serta kepribadian ini apalagi dimasukkan ke dalam tokoh sejarah," tulis Yifan.

Halaman- halaman yang saat ini telah dihapus ini terbuat sedetil cerita novel. Zhemao, begitulah nama sang pelakon, ketahuan memakai banyak akun buat membuat taman palsu ini. Pengeditan berlangsung sepanjang lebih dari satu dekade, paling tidak semenjak 17 Januari 2010. Walaupun sudah terdapat upaya bersama oleh editor Wikipedia buat mensterilkan kekacauan yang ditinggalkan oleh sang penipu, mereka takut kalau data palsu sudah menyebar ke taman lain.

Buat latar balik pembentuk hoax ini, Zhemao merupakan bunda rumah tangga penuh waktu yang mulai menerjemahkan konten dari Rusia ke Cina. Zhemao diucap mengutip buku- buku yang tidak terdapat, serta no taman dari buku- buku asli yang tidak menunjang klaimnya.

"Semacam kata pepatah, buat berbohong, Kamu wajib lebih banyak berbohong. Aku enggan menghapus ratusan ribu kata yang aku tulis, namun selaku hasilnya, aku kesimpulannya kehabisan jutaan kata, serta bundaran sahabat akademis," tulis Zhemao dalam bahasa Inggris dalam pesan permintaan maaf ke Wikipedia.

"Permasalahan yang aku sebabkan susah buat ditebus, jadi bisa jadi larangan permanen merupakan salah satunya opsi. Pengetahuan aku dikala ini tidak lumayan buat mencari nafkah, jadi di masa depan aku hendak belajar kerajinan, bekerja dengan jujur, serta tidak melaksanakan hal- hal bohong semacam ini lagi," tandasnya. 

Posting Komentar untuk "Emak-emak Gabut Buat Hoax Rusia di Wikipedia, 10 Tahun Baru Ketahuan"